Baru Tiga, Dirjen Pendis Harap Jurnal PTKI Terindeks di Scopus Bertambah

By Admin

nusakini.com--Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mendorong Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) untuk terus memperkuat kualitas publikasi karya ilmiahnya. Kamarudin meminta jurnal ilmiah terbitan PTKI yang terindeks di Scopus terus bertambah. 

Hal ini ditegaskan Kamaruddin Amin saat berbicara pada Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Pangkalan Jurnal Moraref, Rabu (31/05), di Tangerang. 

Saat ini, Kementerian Agama baru memiliki tiga jurnal yang terindeks di Scopus yang diakui secara internasional. Ketiga jurnal tersebut adalah Jurnal Al-Jamiah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Studia Islamika (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Journal of Indonesian Islam (UIN Sunan Ampel Surabaya). 

Selain itu, baru dua jurnal lainnya yang telah submit Scopus, yaitu: Jurnal Iqtishod (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan JIA (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Untuk itu, Guru Besar UIN Alauddin Makassar ini berharap Portal Moraref dapat menjembatani penguatan publikasi karya ilmiah sehingga jurnal PTKI yang terindeks di Scopus semakin banyak. 

Moraref merupakan portal akademik yang dibangun untuk mendorong dan membantu digitalisasi dan indeksasi jurnal ilmiah di PTKI. Sedang Scopus merupakan pusat data terbesar di dunia yang memuat jutaan literatur Ilmiah dan mempunyai peran pengindeks literatur Ilmiah. 

Kamaruddin minta Moraref difungsikan sebagai etalase akademik para civitas akademika PTKI yang berkualitas tinggi sehingga dapat diakui oleh masyarakat akademik di dunia. "Pada prinsipnya, untuk terus meningkatkan mutu PTKI, Kementerian Agama akan memberikan dukungan penuh dalam kebijakan dan anggaran," kata Kamaruddin, Rabu (31/05). 

Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Muhammad Zain berkomitmen terus mengembangkan portal Moraref, baik performance maupun content-nya. Pengembangan dilakukan dalam rangka peningkatan publikasi ilmiah di PTKI. Dengan begitu, jurnal terbitan PTKI bisa diakses secara internasional. 

Hadir pada kegiatan FGD pengembangan pangkalan jurnal Moraref, Kasi Publikasi Ilmiah Dit. PTKI Mahrus, Kasi Penelitian Dit. PTKI Anis Masykhur, pengelola jurnal di lingkungan PTKI, dan tim moraref.(p/ab)